My Facebook

not shown

Minggu, 10 April 2011

Kejadian-Kejadian Yang Gue Perlu Catat (Lanjutan)

Lanjut ya dengan catatan pinggir gue.

 5. Kerusuhan Mei 1998 dan Lengsernya Soeharto
Pada Mei 1998 gue lagi ga di Jakarta, gue tahunya dari TV ibu kost kalau sedang ada kerusuhan di Jakarta. Wah, seram sekali gedung-gedung dirusak, mobil dibakar, penjarahan dimana-mana, hal yang pertama gue lakukan ya ke wartel, menelepon ortu memastikan apakah di Jakarta baik-baik saja. Berhubung informasi waktu itu cuma dapat dari TV, ga terlalu banyak gue mengetahui apa yang  sebenarnya terjadi. Kalau kemudian ternyata banyak warga keturunan Tionghoa yang menjadi korban pembunuhan dan perkosaan, baru saya tahu setelah kejadian berakhir karena tidak ditampilkan di media. Mengerikan sekali, tanggal 13, 14 dan 15 Mei 1998 merupakan salah satu lembaran hitam yang tidak boleh terulang lagi. Baca selengkapnya disini.
Setelah kerusuhan Mei, gelombang demonstrasi semakin banyak yang menuntut Soeharto mundur dari jabatannya sebagai presiden RI. Tanggal 21 Mei 1998 akhirnya Soeharto lengser dan digantikan oleh BJ Habibie. Mulailah era reformasi. Sebenarnya saya tidak menyangka secepat itu Soeharto turun, apa mungkin karena demonstrasi yang terjadi secara besar-besaran atau desakan dari para pembantu terdekatnya? Saya tidak tahu, tapi kalau nanti reformasi gagal, kira-kira siapa yang akan lengser?   

 6. Serangan 9/11 WTC
Segera setelah serangan WTC, saya diberi tahu teman sekamar untuk menonton TV. Saya cukup kaget dengan yang saya lihat, gedung kembar WTC terbakar dan kemudian ada ulangan sebuah pesawat yang menghantam gedung tersebut. Amerika diserang, itu yang terpampang di TV dan kemudian berita mengenai Pentagon. Chicago punya gedung tinggi juga, Sears Tower, yang hampir sama tingginya dengan WTC, makanya pusat kota Chicago juga di evakuasi. Serangan dengan skala yang besar seperti ini pasti memakan banyak korban, dan bukan hanya itu, dampak yang ditimbulkan pasti akan panjang. Setelah hampir 10 tahun berselang, 9/11 masih menyimpan banyak misteri dan perang yang ditimbulkannya belum berakhir sampai sekarang.

 7. Gempa dan Tsunami Aceh
Terus terang, saya baru mengenal yang namanya kedahsyatan tsunami secara nyata ketika terjadi tsunami di Aceh. Gempa 9.1 SR yang diikuti dengan tsunami yang terjadi tanggal 26 Desember 2004 besar sekali dampaknya. Hampir seperempat juta orang meninggal yang tersebar di 14 negara. Saya rasa tsunami ini yang terbesar sepanjang sejarah.

 8. Gempa Yogyakarta 
Pada tanggal 27 Mei 2006 terjadi gempa berskala 6,2 SR di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Gempa tersebut memporak-porandakan bangunan di daerah Bantul, kota Yogyakarta terus sampai ke Klaten dan Solo.

Karena hanya berselang kurang dari dua tahun setelah gempa Aceh, gempa yang pusatnya ada di laut ini sempat membuat warga berlarian karena takut terkena tsunami. Karena orang tua saya tinggal di Yogya, maka setelah kejadian berselang sebulan, saya sempat kesana dan melihat kerusakan yang terjadi. Saya sempat bertemu dengan para pengungsi di Bantul dan saya lihat relawan-relawan asing maupun dalam negeri sangat sigap membantu para korban gempa tersebut. Walaupun masih banyak pengungsi yang hidup di tenda-tenda seadanya dan penuh sesak, tetapi mereka masih sangat sumringah, tidak tampak trauma atas kejadian yang menimpa mereka. Sekarang, sudah banyak rumah-rumah dibangun kembali dan keadaan sudah normal seperti sedia kala.  

 9. Gempa dan Tsunami Jepang
Tanggal 11 Maret 2011 akan selalu dikenang oleh warga Jepang sebagai hari dimana bencana terbesar dalam sejarah modern Jepang tercatat. Gempa 9.1 SR yang berpusat di laut bagian timur Jepang memicu gelombang tsunami setinggi 10 meter yang menyapu kota-kota pesisir timur Jepang. Segera setelah terjadi tsunami tersebut, berita-berita mengenai keganasan tsunami pun tersebar di dunia maya. Kejadian ini hanya berselang 6 tahun setelah tsunami Aceh. Jepang adalah negara dengan ekonomi ketiga terbesar di dunia, dimana industri elektronik dan mobil menjadi motor penggerak utama.
Sepertinya gempa terus menerus terjadi dan korban pun silih berganti, ada apa gerangan dengan bumi kita.

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites Gmail More