Ada kesalahan di dalam gadget ini

My Facebook

not shown

Rabu, 13 Juni 2012

Berharganya Tubuh Kita


Tubuh kita terdiri dari banyak bagian tubuh yang mempunyai fungsi masing-masing, dimana tubuh kita sangat tergantung pada daya kerja masing-masing organ tersebut. Ada beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan salah satu bagian tubuh kita menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik, yaitu faktor usia, keturunan, cacat, adanya kerusakan. Tetapi, ketika tubuh kita secara umum terkena hal yang dapat berdampak menyeluruh terhadap tubuh, maka beberapa bagian didalamnya bisa menjadi tanda awal akan adanya masalah tersebut. Beberapa bagian tersebut adalah tempat dimana sel-selnya dapat membelah dan berganti dengan cepat. Sel-sel yang dapat membelah dengan cepat yaitu:

  1. Sel Darah
  2. Sel Pada Saluran Pencernaan
  3. Sel Pada Bagian Reproduksi
  4. Sel Rambut

Apabila ada hal yang dapat berdampak menyeluruh, maka pada keempat bagian tersebut kita akan merasakan tanda-tanda yang tidak biasa, seperti misalnya timbulnya biru-biru pada kulit (bukan karena benturan) akibat darah yang cepat membeku, sembelit, keputihan, atau kerontokan rambut. Hal ini tentunya  sangat mengganggu dan sebaiknya segera dicari penyebab masalahnya, karena akan berdampak lebih jauh lagi terhadap tubuh kita. Berikut beberapa penyebab yang dapat merusak tubuh kita secara umum:

  1. Makan makanan/minum minuman yang mengandung bahan berbahaya. 
  2. Kebiasaan buruk: bergadang, minum minuman beralcool, merokok, diet berlebihan dan lain-lain.
  3. Radiasi dari peralatan elektronik.
  4. Sutet tegangan tinggi di sekitar perumahan.
  5. Infeksi virus atau bakteri.
  6. Akumulasi racun ditubuh kita, sehingga pH tidak pada batas normal. 
  7. Sinar UV matahari. 

Untuk penanggulangannya, kita harus menjaga makanan dan minuman kita dengan memasak sendiri dirumah, dan meninggalkan/mengurangi kebiasaan buruk. Kita juga harus membatasi pemakaian barang elektronik seperti microwave yang dapat membahayakan kesehatan. Kalau disekitar rumah ada sutet, pindahlah sementara waktu sampai tubuh membaik. Apabila kita terkena virus atau bakteri, tubuh kita seperti keracunan karena ada organisme asing yang masuk yang membuat darah kita tidak normal. Lakukan pengobatan sampai tuntas baik dengan rawat inap maupun berobat jalan.

Kita hidup di era modern dimana makananpun banyak menggunakan komponen sintetik dan zat kimia yang dapat menumpuk di tubuh kita. Ketika terjadi akumulasi racun ditubuh kita, darah dapat menjadi asam. Walaupun tubuh kita punya mekanisme untuk menyeimbangkan kembali tingkat keasaman tersebut, tapi hal tersebut tentunya tidak menyenangkan bagi tubuh kita. Saya tidak tahu apa kemudian perlu mencari cara untuk menjadi basa agar keseimbangan tercapai, tapi menjadi basa juga hal yang tidak baik untuk kesehatan dan harus dihindari. Nah, kalau menjadi basah akibat mandi keringat di bawah terik matahari pastinya hal yang harus dihindari juga. Matahari memang sangat dibutuhkan oleh manusia di bumi ini, tapi jika terkena paparannya langsung malah dapat membahayakan. Gunakan kacamata khusus penangkal UV dan sunblock SPF 30+ bila terpapar matahari. Cek selalu UV index di kota dimana kita akan bepergian.

Tulisan gue ini tidak bermaksud bahwa jika ada gangguan di bagian yang tidak disebutkan diatas, berarti tidak ada penyerangan secara menyeluruh ke tubuh. Terkadang kita mempunyai bagian tubuh yang lebih lemah dari bagian yang lain dan bisa saja bagian tubuh tersebut yang pertama terkena dampaknya. Atau bisa saja penyerangan  menyeluruh memang menyerang bagian yang spesifik dulu, baru kemudian keseluruh tubuh, seperti virus dan bakteri misalnya.

Jadi, kalau jantung anda tiba-tiba berdetak lebih kencang dari biasanya dan secara bersamaan tidak berirama, maka mungkin ada sesuatu yang terjadi pada tubuh kita. Atau mungkin saja hanya seseorang yang mau lewat didepan anda (he3x).





Bacaan Lanjutan:

http://en.wikipedia.org/wiki/Ultraviolet
http://en.wikipedia.org/wiki/Acid–base_homeostasis



Walking along the beach at sunset

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites Gmail More