Ada kesalahan di dalam gadget ini

My Facebook

not shown

Jumat, 25 Maret 2011

Tiga Bintang Perempuan Dalam Perkembangan Teknologi Informasi

Ribuan tahun sudah berlalu sejak jaman Nabi Adam dan Hawa (Eve) dipertemukan kembali di bumi setelah terpisah cukup lama akibat terusir dari surga. Perkembangan yang terjadi kemudian melibatkan kaum hawa yang dapat berperan ganda didalam maupun diluar rumah. Salah satu peran perempuan di luar rumah adalah perannya dalam perkembangan teknologi. Berikut tiga perempuan yang mempunyai peranan paling penting dalam perkembangan teknologi informasi (cukup jadul juga sih) :


1. Ada Lovelace

Yang pertama yang paling penting adalah Augusta Ada King, atau the Countess of Lovelace yaitu anak dari sastrawan Lord Byron dan Anne Isabella Milbanke. Dia adalah seorang ahli matematik yang dikenal dengan nama kecil “anak perempuan dari parallelogram”. Dia diajarkan matematika dan ilmu pengetahuan karena orang tuanya tidak menginginkan dia menjadi sastrawan seperti mereka.

Dia terlibat dengan dunia teknologi pada tahun 1843 ketika dia mentranslasikan pekerjaan dari catatan Luigi Menabrea mengenai mesin analisis Charles Babbage.

Sekarang, catatan-catatan translasinya dipercaya sebagai algoritma yang pertama efektif untuk pengoperasian mesinnya. Itulah yang membuat Ada Lovelace dipertimbangkan sebagai programmer komputer pertama.
 
2. Grace Hopper

Perempuan selanjutnya yang berperan penting dalam hal teknologi adalah Admiral Hopper. Dia bukan programmer perempuan pertama tapi dia yang pertama mendapatkan gelar PhD dalam bidang matematik dari Yale. Dia juga wanita pertama yang mendapat gelar Admiral dari U.S. Navy.

Selain sebagai pembuat compiler komputer yang pertama pada tahun 1952, Admiral Hopper mengembangkan COBOL (Common Business-Oriented Language). Dia adalah yang pertama dalam mempopulerkan istilah bug dan istilah debugging yang sebenarnya populer ketika dia mencoba mengeluarkan ngengat dari komputer yang biasa dipakainya.

Dia juga berperan penting dalam pembuatan bahasa pemrograman FLOW-MATIC untuk komputer UNIVAC I dan II.


3.Jean Bartik

Bernama panjang Betty Jean Jennings, para wanita menyebut Jean Bartik sebagai salah satu dari beberapa wanita yang bekerja untuk ENIAC.

Setelah menamatkan kuliahnya di Departemen Matematik pada Northwest Missouri State Teachers College, dia di "beli" oleh the University of Pennsylvania untuk bekerja pada Army Ordnance di Aberdeen Proving Ground tahun 1945.

Disana dia bertemu Kay McNulty, dan menjadi salah satu programmer pertama ENIAC. Bartik melanjutkan bekerja disana ketika program buatan ENIAC menjadi komputer program pertama yang terpenting yang dapat dipasarkan.

Namanya sekarang dipakai sebagai nama salah satu museum di  Northwest Missouri State University.

Sumber: MaximumPC.

Kalau menurut cerita Nabi Adam dan Siti Hawa, mereka sebelumnya ada disurga, tapi dikirim ke bumi karena iblis yang terbentuk atas api merayu Siti Hawa dengan buah terlarang dan Hawa memakannya. Kesalahan ini kemudian membuat mereka diturunkan ke bumi. Untuk sebagian orang, buah terlarang adalah buah pengetahuan, perumpamaan agar kemudian di dunia, generasi penerus Adam dan Hawa menggunakan pengetahuan dengan bijak. Kalau saya sendiri tidak mau memakai perumpamaan untuk menerangkan kitab suci, terima aja apa adanya, yang terlarang ya dihindari. Makanya mungkin kaum feminis diluar sana tidak terlalu suka dengan cerita Nabi Adam dan Siti Hawa. Bahkan diluar sana, ada yang memakai iblis penghasut sebagai lambang gerakan mereka. Baca disini.     

Ya sudah, jaman hawa alias eve telah berlalu, nah setelah tiga perempuan TI diatas, ayo ibu3 ... dan para gadis siapa yang mau mendapat tiga tiara berikutnya?
Mungkin kalau TI agak susah dan lama kali ya, jadi bagaimana dengan yang ini saja sebagai puteri-puteri indonesia:






PS: masayu clara, alisya rininta sangat fotogenik (mojang pariyangan?), pasti alisya punya pengarah gaya yang mengarahkan gimana posisi kepala dll. OutSTANding!

0 comments:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites Gmail More