My Facebook

not shown

Rabu, 07 November 2012

Ola la, Panggang atau Goreng?


Kayaknya gue ga pernah ngomong soal makanan yah di blog ini, makanya sekarang gue mau ngebahas mengenai makanan, mana yang lebih sehat, makanan dipanggang atau makanan digoreng?

Mungkin kalau pertanyaannya diganti mana yang lebih enak, makanan dipanggang atau makanan digoreng, maka akan banyak yang bisa jawab karena jawabannya preferensi masing-masing. Tapi kalau masalah sehat yang mana, tentu lebih sulit ngejawabnya karena harus ada alasannya. Makanan yang dipanggang tidak membutuhkan banyak minyak dan biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama karena panasnya tidak langsung mengenai makanan. Sedangkan, digoreng berarti kita membutuhkan minyak yang banyak yang tentunya sangat tidak sehat, karena minyak tersebut ketika dipanaskan teroksidasi dan dapat berubah menjadi substansi yang berbahaya. Digoreng makanan juga akan lebih cepat matang karena minyak sudah dipanaskan dengan suhu tinggi terlebih dulu. Digoreng berarti juga lebih kering dan renyah karena panas yang tinggi langsung masuk ke makanan. Jadi berarti pemanasan dengan cara digoreng jauh lebih berbahaya dari pada dipanggang? Tergantung juga, kalau kita menggunakan lemak trans seperti dari mentega ketika memanggang, maka memanggang bisa menjadi lebih tidak sehat. Sementara, menggoreng yang lebih sehat bisa dilakukan dengan menggunakan minyak yang lebih tahan panas seperti minyak kelapa sawit atau minyak kelapa yang tidak mudah teroksidasi.  

Tapi memang kalau soal preferensi ternyata banyak yang lebih suka digoreng, padahal sangat tidak sehat. Kebanyakan gorengan dan lemak trans dapat menyebabkan penyakit jantung, sakit persendian, cacat pada kelahiran bayi atau mungkin penyakit biasa seperti sembelit, dehidrasi, susah napas, pusing, lesu, penat dan suntuk, kantung mata (pada anak-anak).  Nah, kalau weekend berasa gejala-gejala diatas, mungkin saja makanan kita sudah kebanyakan gorengan atau lemak trans... atau mungkin karena sebab yang lain yang harus dicek.


Jadi gimana, digoreng....
                                                         










atau dipanggang? 



Ya kalo dapat berkat dua-duanya ya dua-duanya...

NB: gue pernah denger digoreng dengan menggunakan tambahan bahan seperti plastik...wow, inikan seperti giving permission for people to die slowly and peacefully (is it peacefully?)...




0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites Gmail More