My Facebook

not shown

Kamis, 28 Juni 2012

Yang Aneh dan Lucu dari Negara Tetangga

Setiap negara pasti punya kehidupan keseharian yang unik kalau menurut negara lainnya. Bisa saja suatu negara menganggap kesehariannya tersebut biasa-biasa saja, tapi negara yang lain melihatnya sebagai keanehan yang lucu. Tapi gue harap semua sepakat kalau perbedaan pandangan tersebut adalah bagian dari keindahan dunia yang sekarang kita tempati, dimana masing-masing bisa menghargainya.

Berikut keseharian dari negara tetangga yang bisa jadi lucu untuk orang kita:


Malaysia:
Banyak bahasa malaysia yang kalau menurut orang Indonesia aneh dan lucu. Misalnya saja pasien dirawat diberitakan dengan mangsa dirawat, atau korban banjir disebut mangsa banjir. Terus kalau sedang mengendarai mobil, orang malaysia lebih banyak pusingnya dari pada orang Indonesia (padahal kemacetannya tidak separah disini) soalnya kalau lagi nyetir mereka menyebut  pusing kanan/kiri untuk belok kanan/kiri. Terus yang lebih lucu lagi, mereka bilang toilet = bilik termenung, anak = budak, gratis = percuma, jalan-jalan = makan angin dan pintu darurat = pintu kecemasan. Terus kalau buldozer apa coba bahasa malaysianya? (He3x)....setrika bumi!


Singapura:
Kita tauk kalau Singapura sangat teratur dan tertib, tapi terkadang peraturannya bisa bikin ketawa pelancong dari luar. Coba lihat gambar berikut:


Funny signs from Singapore
Ha ha ha, segitu menyeramkannya kah durian sampai ada peraturannya! Tapi aneh juga, terus "fine" nya kira-kira apa ya? Ditimpuk pakai duren kali ya...hmmm, priceless.


Di bus:
By law NO Assault on Bus Captain
Di Indonesia perlu ga yah didalam busway ada kayak gini?



Thailand:
Ternyata Thailand adalah salah satu negara yang kreatif, coba lihat iklan-iklannya yang lucu:



Lucu...dia mengulang terus. Yang ngeliatin sampai ga bereaksi gitu, mungkin mikirnya: OMG, she really is a machine. She doesn't look at my face and keeps on continuing her dialogue, what??? 


Ha ha ha... jadi inget hp teh celup dan dx kaleng krupuk pake riben!


 Yellow pages kayak gini iklannya....hahaha. Banyak amat gerombolan reporternya yang udah siap mau memberitakan kejadian aneh itu ya...


China:
Negeri tirai bambu yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak didunia ini pastinya mempunyai segudang masalah kependudukan terutama masalah keterbatasan lahan, tapi mereka cukup pintar menyiasatinya, perhatikan saja contoh berikut:



Pakistan:
Negara yang mayoritasnya beragama Islam ini sudah mempunyai militer dan persenjataan yang cukup canggih, setidaknya mereka sudah bisa menciptakan senjata nuklir sebagai salah satu kemampuan strategis mereka. Tapi kalau dilihat transportasinya, kok ga canggih-canggih amat kayak gini:


PAKISTAN RAILWAY = THE BEST FUN IN TRANSPORT
Ya ampun, perempuan pun ada yang gelayutan di pintu! Tapi, lihat kekompakan mereka waktu mau difoto! 1,2,3... say Cheeeeese!


India:
India juga termasuk negara dengan jumlah populasi terbanyak didunia, mereka pun punya masalah di bidang transportasi, kereta penuh seperti di pakistan pada gambar diatas bukan hal yang jarang terjadi. Bahkan anak-anak pun menyiasati sistem transportasi mereka, coba lihat disini. Ayo, coba hitung jumlah tasnya ada berapa...


Jepang:
Orang Jepang sangat workaholic, ini terlihat dari fenomena ketika mereka berangkat dan pulang dari kantor. Negara produsen mobil ini ternyata masih sangat mengandalkan sistem kereta bawah tanahnya untuk transportasi mereka. Bagaimana dengan Indonesia?

 

Dan ini terjadi setiap hari di stasiun-stasiun di Jepang! Massage gratis ala Jepang ini terjadi lebih karena kebiasaan daripada kekurangan moda transport, soalnya didorong-dorong seperti ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu di Jepang. Gue rasa karena kebijakan Just In Time mereka yang sangat menghargai waktu. Amazing...coba bayangkan kalau di Jakarta naik Busway harus kayak gini!


Nah kalau di Indonesia, apa ya yang kira-kira membuat orang asing terkejut atau tertawa?

Salah satunya mungkin pengalaman naik Bajaj di Jakarta yang full angin, full getaran (apalagi kalau lewat perlintasan kereta, ouch!), full bau kali yang dilewatin, full berisik, pokoknya pull abis deh! Tapi gue heran sama kaca spion yang ada didalem bajaj, kayaknya ga guna deh di situ, soalnya, udah kaca belakang tuh sebenarnya plastik burem yang ga lagi tembus pandang, penumpangnya juga nutupin hampir sebagian plastik burem itu. Pengalaman gue sih, abangnya malah kayak ngeliatin gue daripada ngeliatin mobil dibelakang (hahaha kok jadi GR...). Pokoknya pengalaman naik bajaj ga bisa dilewatkan kalo melancong ke Jakarta!

Pelancong juga terkadang heran lihat perempatan jalan di Indonesia, apalagi kalau lagi macet. Pull sampai semua mentok! Kereta di Indonesia, walaupun ga sepenuh India dan Pakistan, tapi bisa dikatakan cukup padat, ada karyawan, pramuniaga, pedagang, pelajar, mahasiswa/i semua masuk deh pokoknya.
Selain itu, Indonesia juga banyak yang kreatif kayak di Thailand, nah coba deh lihat iklan berikut. Lucu!

Tapi, itulah asia. Keunikan asia...is in our DNA, at least a month from now we wouldn't want it changed... Keeksotisan asia... is within our land,  at least two months from now we wouldn't want it bore a hole in it...
wouldn't we?


Ha ha ha ... bajaj-bajaj ku!!! Revenge of the BAJAJ: pak tua berpeci dilempar oleh jok-nya...dodol!
Joke apa nih?  Hanya dengan euforia kendaraan baja, penguasa baru Jakarta datang dengan robot-robot merah-orangenya siap menghancurkan kota mulai dari perubahan tempat terkumuh? Ini bukan politik tapi penguasaan wilayah, karena robot tidak berjiwa. Tapi, robotnya taat pajak (he3x). Yah, kita tunggu putaran kedua...   (kalau metal-metalnya bisa kena charging kayak gini, apa manusianya ga sakit body?)  

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites Gmail More